Sunday, March 24, 2013

How Do I Spend My Time in Library


Setelah beberapa hari kemaren gue jadi salah satu penghuni di Perpustakaan , ada beberapa metode yang pengen gue bagi ke para - Pemula Penghuni Perpustakaan -. Haha bukan sotoy ya, gue emang bukan expert yang berjam-jam dan tiap hari main ke Bibli atau perpustakaan, tapi paling gak gue bisa lah kasi beberapa saran gimana cara biar bisa betah lama-lama belajar di perpustakaan.

Perpustakaan itu ...?

Perpustakaan buat gue adalah dimana gue menjalankan strategi SKS gue a.k.a. Sistem Kebut Semalam. Jadi disini gue bisa fokus belajar, at least 90% konsentrasi gue bener-bener ke buku-buku gue.

Sebelum mulai, lo harus tau dulu arti perpustakaan itu apa. Ziel atau tujuan apa aja yang mau lo capai disini. Lo harus tau ngapain lo ke perpustakaan, apakah buat main, tidur, belajar, ngabisin waktu dan lainnya. Lalu...

1. Gembok, Modal Penting Pengguna Loker

Kalo disini mungkin gak keliatan, Gembok buat ngunci pager (right)
Untuk kasus gembok ini, beberapa perpustakaan di Jerman beda-beda ya. Ada yang masukin koin buat ngunci, ada juga yang masi pake sistem harus modal bawa gembok sendiri. Nah, kasus di Bibli TU Berlin sini, mereka mewajibkan orang-orang buat modal dikit kalo mau pake loker mereka. Dan beberapa orang cukup creative ya... Biar gak lupa loker mana mereka makenya, beberapa orang sengaja beli atau membuat gembok mereka seunik mungkin. 

2. Tempat Nyaman



Kalo mau berlama-lama di Bibli, ya udah pasti cari tempat ternyaman menurut lo lah. Kalo gue suka banget make tempat berbilik yang kalo di Indonesia kaya lo lagi main di warnet. Tempatnya disekat-sekat, jadi lo gak akan keganggu sama siapa aja yang lewat atau gak perlu keganggu sama orang-orang sekitar lo. Dan di tempat berbilik ini gue bener-bener merasa lupa waktu. Karena Kalau gue milih duduk di samping jendela, gue bakal sadar perubahan waktu lewat perputaran matahari, cara orang jadul menentukan waktu. Cahaya selalu konstant karena di provideri lampu belajar sendiri.

3. Target


Gue tipe orang yang 'harus' terorganisir kalo mau melakukan sesuatu. Didata apa aja yang harus gue lakukan. Makanya sistem Post-It sebelum memulai belajar adalah satu hal penting yang harus gue lakuin. Dan misal, lo punya data yang harus dicatet ulang segunung dan ada tugas analisa artikel atau makalah sebuku. Kalo lo tipe orang yang suka nunda, gue saranin lo ngecatet semua catetan lo dulu baru analisa, karena lo pasti capek mikir kalo abis nyelesein tugas analisa lo dan bawaanya pengen istirahat. Nah tapi kalo lo ga punya penyakit suka nunda, lebih baik analisa dulu dan jadiin -acara nyatet ulang-lo sebagai bahan refreshing sambil dengerin musik. Karena disini lo gak butuh banyak mikir. Einfach nyatet.


4. Get Set



Sebelum mulai pastiin semua barang yang lo butuhin udah lo bawa dan gak ketinggalan di loker. Jangan sampe buang-buang waktu buat bolak-balik ke loker. Dan kalo lo tipe belajar yang harus ada suara mendayu atau sambil denger musik, siapin aja. Dan jangan lupa bawa earphone atau headset, jangan ngampung nyetel lagu di loudspeaker, yang ada lo diusir.

5. Cemilan


Belajar bener-bener nguras tenaga, jadi buat ngumpulin tenaga lagi mending bawa cemilan berupa coklat. Karena makanan manis bisa kembali mengumpulkan butiran-butiran energi yang terbuang. Tapi, tolong jangan bawa snack yang ngeganggu 'tetangga' lo. Snack berupa chips atau cracker dilarang disini. Karena bunyinya bakal super ngeganggu.

6. Kumpulin Niat, Doa dan Mulai 




Hal penting lainnya, jangan lupa doa dulu. Lo tanpa ijin Allah gak bakal dah masuk tu apa yang lo pelajarin. Niatin apa yang lo pelajari bisa bermanfaat gak cuma buat lo, tapi juga buat orang lain.

Ah, dan jangan lupa stretching saudara !
Good Luck

Salam Hangat,

E.K.P.




No comments:

Post a Comment