Wednesday, November 19, 2014

Random and Post that Match The Title Well


Hari ini gue mencoba berpikir lebih banyak dari biasanya. Walaupun gue cuma keluar sebentar dan cuma ketemu sama beberapa orang terdekat, ada beberapa point yang pengen mulai gue pelajari. Ekspresi dan tingkah laku manusia, pola pikir mereka, dan setiap hal-hal kecil yang ada di sekitar.
I'm trying to thinking like other does...
Tapi ternyata gue kecapean sendiri.
Sebenernya pemikiran kaya gini berawal cuma karena gue merasa, gue kurang memaksimalkan fungsi otak gue. Gue tau otak manusia itu diciptakan sangat sempurna. Apa yang gue pakai sekarang gak lebih dari 1 persen kemampuan maksimal otak gue.
Gue menyia-nyiakan apa yang gue punya.
Ngomong-ngomong tentang menyia-nyiakan. Tadi gue juga sempet kepikiran tentang hal ini pas dijalan...

***

Manusia. Makhluk yang gak pernah puas.
Pasti setiap dari kalian pernah berpikir, "Kalo gue jadi dia, gue bakal ...." atau "Gue mau punya badan setinggi dia" atau "Enak banget jadi lo, soalnya ..." dan berbagai hal-hal serupa-lah intinya.
Tapi seringkah setiap dari kalian berpikir...
"Gue tau gue gak setinggi dia, tapi gue bangga dengan apa yang gue punya. Karena gue gak setinggi dia, gue bisa cepet dikasianin orang kalau bawa banyak barang. It means free serviceee !"
Bisa juga dari kalian mencoba melihat kekurangan kalian menjadi sebuah kesempatan bagus buat beda dari orang lain dan bukan malah ngeluh, ngeluh dan terus ngeluh karena merasa gak sesempurna orang lain.
Pikiran kalian yang melihat diri kalian 'kurang'-lah sebenernya yang membuat kalian banyak kekurangan.
Misal gue. Gue 170cm tingginya. Buat ukuran wanita asia, gue termasuk tinggi. Apalagi kalau gue di Indonesia dan coba berdiri di tempat umum. Gak cuma cewek-cewek Indonesia yang kebanyakan selengan gue, tapi cowok Indonesia juga ada yang cuma sedagu gue.
Gue minder, dulu. Sebenernya kekurangan gue itu adalah kelebihan gue, semestinya...
Gue melihat hanya dari satu lobang kecil yang membuat gue memfokuskan hanya di satu hal itu aja. Itu membuat kekurangan gue menjadi menonjol diantara point-point kelebihan lainnya.
Di lain sisi, gue sering denger, "Enak ya jadi kamu badannya tinggi, gak ribet ambil barang." atau "Enak ya pake baju apa aja cocok."
Dulu gue gak melihat itu sebagai salah satu kelebihan gue dan gue gak sadar bahwa point dari orang itu ada di gue, itu dulu tapi ya...
Yah intinya, buat orang yang masih suka minder sama diri sendiri. Terutama para wanita-wanita diluar sana. Kalian itu gak ada yang jelek. Setiap dari kalian itu cantik. Allah menyempurnakan fisik kalian, maka nikmatilah apa yang Allah kasih dan gak usah terus ngeluh. Nikmati, hargai, dan jaga terus apa yang udah kamu punya ;)

***

Lanjut lagi,
hal selanjutnya adalah. Gue mendengar banyak masukan yang akhir-akhir ini menjadi sebuah saran buat gue untuk berubah.
Satu kelebihan gue yang menurut orang lain adalah kekurangan adalah berprasangka baik.
Gue gak pernah berpikiran buruk tentang seseorang. At least, gue menghindari pemikiran buruk tentang orang lain.
Gue menyetarakan setiap orang. Semua orang sama. Semua orang pasti punya sifat baik di setiap diri mereka. Dan setiap orang yang punya ikatan sangat baik sama kita gak akan menyakiti satu sama lainnya.
Tapi akhir-akhir ini banyak hal yang membuat gue menjadi berpikir mmm lebih banyak dari biasanya. Gue memang pernah merasakan akibat buruk dari berprasangka baik, gak hanya satu kali, beberapa kali, Sakit... Tapi gak seburuk yang dibayangkan.
Walaupun ada yang jadi trauma juga. But i know that time will heal the pain, right ?
Dan gue sadar, kalau hal kaya gini, maksudnya dimana gue gak mulai belajar untuk membuat proteksi diri atau pager-pager runcing di sekitar gue pas gue udah balik ke Indonesia, gue akan stress sendiri. Gue kaget dan shock.
Dunia gak seindah dan sedamai yang gue mau. Tapi gak boleh kah gue berpikiran demikian ?
Hal kaya gitu terus kepikiran sama gue.
Kalo gue gak pernah sengaja menyakiti orang lain, akankah orang lain pernah menyakiti gue dengan sengaja ?
Apa gue bakal terus survive kalo gue terus memegang teguh pemikiran gue yang kaya gini ?
I'm not trying to make myself look like an angel or something, but i really am confused.
Segitu salahkah untuk berpikir positive tentang orang lain ? Atau emang gue yang keterlaluan gak tau batas-batas ?

Salam Hangat,
E.K.P

2 comments:

  1. Ya engga salah dong tiki sayang.. susah loh biar bisa suudzon terus gitu.. jangan dirubah malah. The pain that you feel is because you feel it too much, tapi kalo suudzonnya karena Allah maybe the pain will reduce a lil bit? Hehehe kalo lagi mumet denger kajian ajaaaaaaa, denger pendapat orang kadang bikin kita jadi more sensitiv, soalnya klo lg sensitiv itu biasanya more works if people tell something "yang benar" biar berasa kecubit, kita ga bakal langsung ngeh tapi nanti... kalo mumetnya udh reda, kita bakal sadar apa yang nyubit tadi efeknya baik. Jehehehe yaa seenggaknya itu yg gue rasa.. kebanyakan curhat ama manusia kadang bikin absurd hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia mgkin kak, batas suudzon krna Allah seperti apa yang harus gue pake terkadang masih rancu batasannya sama gue. Kadang gak ngeh. Mungkin ada disitu... Itu gue banget si hehe. Krna kecubit pas lg sensitive, awalnya gak mau nerima krn itu sebenernya bener. Tp setelah otak udah adem, baru ngeh mksd orang tadi apa. Danke sehr ya kak lihi ;)

      Delete