Tuesday, March 4, 2014

Saya dan Masa Lalu


Pernah gak si kalian nyeselin beberapa hal-hal lampau yang pernah kalian lakuin ?
Hal kecil sekecil apapun lah. Misal andaikata gue dulu belajar lebih rajin atau andaikata gue dulu udah berkerudung, atau apalah egal.
Gue tau si nyesel gak ada gunanya, gak boleh juga ...
Tapi kadang namanya juga manusia, hal-hal kaya gini kadang ke pikiran tanpa sadar. Tiba-tiba aja mikir "seandainya, bla bla bla."

Tapi hal-hal kaya gini kadang harus diputer pola pikirnya, dari yang bentuknya nyesel atau ngeluh harus diubah jadi motivasi. Coba liat masalah jangan cuma dari satu sisi, kadang orang mikir selalu sisi negative-nya, pendek, simple, gak mau liat sisi lain. Kalau temen gue bilang ni, yang gue sendiri juga masih punya penyakitnya, telen bakso bulet-bulet. Gue gak separah dulu si, membaiklah. Sekarang gue lebih ngajak mikir otak gue buat gak liat dari satu sisi doang. Segala macem masalah atau hal-hal kecil harus coba diliat dari berbagai sisi, sesudut-sudutnya kalau bisa.
Jangan negativenya doang, tapi positivenya. Caranya gimana ? Belajar apa yang ada bau-bau rohani coba.
Ini gue serius ya ngomongnya mbak dan mas-mas. Gue ngomong kaya gini bukan karena gue makin berumur makan banyak asam garam manis pait, tapi hal yang bikin gue mulai berpikir dewasa ya karena gue berusaha menjadikan agama basic apapun yang gue lakuin dalam hidup gue.
Banyak orang dewasa yang ngaku jauh lebih dewasa dari gue tapi gak keliatan dewasa kayak yang seharusnya. Pemikiran mereka masih kayak anak kecil, hujat sana hujat sini, ngomong atau ngelakuin tanpa dipikir kedepannya gimana.
Dulu ni, gue selalu ngeliat masalah itu sebagai ... Masalah. Pokoknya masalah = masalah. Gak ada yang pantes buat nge deskripiin masalah sebagai berkah atau sesuatu yang 'wah masalah ini hal berharga dalam hidup' atau semacamnya.
Tapi setelah cukup banyak asupan ilmu agama yang gue telen, banyak hal-hal yang tanpa gue sadar mulai ngerubah gue, luar dalem. Tanpa sadar ( sekali lagi, buat jadi penekanan, hehe ).
Kalau sekarang gue misal gak lulus ujian di salah satu mata pelajaran gue, gue selalu ngeraung-raung bingung. "Gimana ni, gimana ni!" Stress gak jelas. Tapi sekarang, lebih tenang. Mikirnya jadi, "Oh gak lulus, berarti kemaren gue kurang maksimal. Mungkin benahin diri buat lebih serius. Dan cara belajar kemaren berarti salah ya, harus cari cara baru !"
Beda.
Bahkan kalau kalian liat ni dari contoh diatas kalau gue positive, gue bisa improve diri gue kearah yang lebih baik, improve cara belajar.
Contoh lainnya, ada temen gue baru keilangan uang. Bukan jumlah yang sedikit, 300€. Itu dengan jumlah segitu kalian bisa bayar rumah, listrik, dan segala macem. Buat hidup sebulan bisa malah.
Kalau di kurs ke rupiah bisa sekitar 3 Juta-an lah.
Banyak kan hehe.
Pokoknya kalo orang yang mikir selalu negative, pasti stress sendiri. Cari dimana, ditelusurin semua jalan, cek lagi dompet sampai 200 kali, nangis, bingung, ngata-ngatain yang nyopet, padahal belum tentu juga dicopet, suudzan sama orang dijalan, wah negative mulu pokoknya.
Tapi temen gue Subhan'Allah, panik si awalnya wajar, tapi panik awal yang normal. Abis itu ? Ya udah, mau gimana. 
Positive thinking bisa berbagai macem bentuknya, misal dari contoh temen gue.
Pertama, dari situ dia bisa lebih hati-hati lain kali naroh posisi tas dimana dan kasih tau orang bahwa di daerah dia kehilangan itu rawan. Yang emang ternyata daerah situ rawan pencopet, karena daerah rame.
Kedua, diliat dari diri sendiri. Mungkin kurang meng-infaq-kan rezeki ?
Ketiga, hal positive lainnya yang gak keliatan yang mungkin hasilnya bisa diliat di beberapa waktu kedepan.

Coba deh, positive thinking dulu. Setiap masalah, yang berhubungan sama diri sendiri atau orang lain, diliat dan dimulai dari sisi positive. Nyari sisi negative selalu paling mudah, dalam sedetik mungkin bisa nemu 5 kemungkinan-kemungkinan negative. 

Pokoknya hati bisa lebih tenang, aura positive. 
Hal-hal kaya gini gue juga masih belajar si. Tapi justru karena gue adalah pelajar yang udah ngerasain hasilnya, makanya gue share apa yang udah gue rasain.

Selain itu, kalau kita positive, tandanya kita selalu positive juga sama apa yang Allah SWT kasih ke kita. Bersyukur.

Sesungguhnya Allah berkata: “Aku sesuai prasangka hambaku pada-Ku dan Aku bersamanya apabila ia memohon kepada-Ku” (HR.Muslim)

Be positive guys ;)

Salam Hangat,

E.K.P.

No comments:

Post a Comment